Berjalan beberapa menit sejak start dimulai, Marquez mendapat masalah serius, di mana dirinya merosot ke posisi 10 pada akhir lap kedua, yang kemudian memutuskan langsung masuk ke pit untuk mengganti motor kedua
Berita MotoGP, Brno - Pebalap Honda Marc Marquez, berhasil menjadi yang tedrepan di GP Ceko, Minggu (6/8/2017). Dirinya mengakui, kalau keputusan salahnya ketika memilih ban belakang, menjadi kunci kemenangan dominannya di sirkuit Brno.
Saat balapan dimulai dalam kondisi lembab, Marquez, yang berada di posisi paling depan menjadi satu-satunya pebalap delapan besar, yang memilih ban belakang basah lembut (soft), sementara sisanya memilih medium.
SIMAK JUGA:
- Marquez dan Pedrosa Mulai Mencoba Merasakan Sasis Baru
- MotoGP : 3 Teknik Khas Balap Terkenal Dari Marc Marquez
- Pengkhianatan Marc Marquez Terhadap Jorge Lorenzo
Berjalan beberapa menit sejak start dimulai, Marquez mendapat masalah serius, di mana dirinya merosot ke posisi 10 pada akhir lap kedua, yang kemudian memutuskan langsung masuk ke pit untuk mengganti motor kedua, yang sudah dilengkapi dengan ban slick.
Langkah tersebut seketika itu membuat Marquez langsung melaju cepat, seiring cepat keringnya lintasan balap saat mulai kembali lagi ke trek. Lebih lagi, ketika para pebalap di baris depan mulai masuk pit, Marquez melenggang dengan keunggulan sekitar 20 detik.
“Itu hampir mirip seperti saat flag-to-flag di GP Jerman 2016 lalu. Saya banyak berjuang dengan ban depan karena saya memilih opsi ban soft, saya berjuang dan saya masuk lebih awal,” tutur Marquez mengutip Motorsport, Minggu (6/8/2017).
“Hari ini setidaknya sama, saya memilih ban soft untuk belakang. Dari semua pebalap teratas saya satu-satunya yang melakukan itu. Saya tidak tahu mengapa, saya ingin mengambil risiko. Namun, saat saya keluar, saya sadar itu salah. Sehingga ini menciptakan situasi yang menguntungkan untuk masuk ke pit sangat-sangat awal,” ucap Marquez.
Pujian Bos Tim Honda
Livio Suppo, Bos tim Honda MotoGP melontarkan pujian atas keputusan Marquez untuk mengalah lebih awal. "Kami tahu dalam kondisi seperti ini dia sangat kuat, jadi dia biasa membuat pilihan yang tepat," tutur Suppo.
Suppo menampik, kalau Marquez memperlambat motornya dengan sengaja, untuk membuat rival utamanya melihat dia memasuki pit. Marquez disebut benar-benar terganggu, dengan ban belakangnya yang “salah pilih”.
"Ban belakangnya berputar terlalu banyak, terlalu lunak (soft) dan saya kehilangan banyak posisi. Jadi masuk ke pit lebih awal adalah satu-satunya kesempatan untuk memperbaiki kondisi, ketika keluar dengan ban slick, trek masih masih sangat basah,” ujar Marquez.
Hasil Lengkap MotoGP Ceko 2017:
1. Marc Marquez ESP Repsol Honda (RC213V) 44m 15.974s
2. Dani Pedrosa ESP Repsol Honda (RC213V) 44m 28.412s
3. Maverick Viñales ESP Movistar Yamaha (YZR-M1) 44m 34.109s
4. Valentino Rossi ITA Movistar Yamaha (YZR-M1) 44m 36.440s
5. Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) 44m 36.866s
6. Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (Desmosedici GP17) 44m 39.233s
7. Danilo Petrucci ITA Octo Pramac (Desmosedici GP17) 44m 40.053s
8. Aleix Espargaro ESP Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 44m 46.533s
9. Pol Espargaro ESP Red Bull KTM Factory (RC16) 44m 46.728s
10. Jonas Folger GER Monster Yamaha Tech3 (YZR-M1)* 44m 49.210s
11. Alex Rins ESP Suzuki Ecstar (GSX-RR)* 44m 49.264s
12. Johann Zarco FRA Monster Yamaha Tech3 (YZR-M1)* 44m 50.569s
13. Karel Abraham CZE Pull&Bear Aspar (Desmosedici GP15) 44m 50.671s
14. Jack Miller AUS EG 0,0 Marc VDS (RC213V) 44m 54.036s
15. Jorge Lorenzo ESP Ducati Team (Desmosedici GP17) 44m 56.074s
16. Scott Redding GBR Octo Pramac (Desmosedici GP16) 45m 0.350s
17. Tito Rabat ESP EG 0,0 Marc VDS (RC213V) 45m 1.428s
18. Sam Lowes GBR Factory Aprilia Gresini (RS-GP)* 45m 9.950s
19. Andrea Iannone ITA Suzuki Ecstar (GSX-RR) 45m 39.320s
20. Hector Barbera ESP Reale Avintia (Desmosedici GP16) +1 lap
Bradley Smith GBR Red Bull KTM Factory (RC16) DNF
Loris Baz FRA Reale Avintia (Desmosedici GP15) DNF
Alvaro Bautista ESP Pull&Bear Aspar (Desmosedici GP16) DNF